Panglong Putra Sembaba

BNN RI HADIRI RAKORNAS PEMUDA DAN OLAHRAGA TAHUN 2023

Minggu, 10 September 2023 12:23 WIB - Dilihat: 4

IMG_20230910_122546

Jakarta I epbagus.com

Sekretaris Utama BNN RI, Tantan Sulistyana, S.H., S.I.K., M.M. menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda dan Olahraga yang berlangsung di Jakarta International Velodrome, Jakarta, pada Jum’at (8/9). Pelaksanaan Rakornas kali ini merupakan gelaran perdana yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan mengangkat tema “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju, Indonesia Maju”.

Selain itu, Rakornas ini menjadi salah satu agenda besar dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional Tahun 2023. Hal ini sebagai bagian komitmen dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mensinergikan kepemudaan dan keolahrgaan menjadi satu kesatuan yang saling mendukung untuk menguatkan pembangunan nasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang sering disapa dengan Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa guna merespon amanat Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang mengharapkan setiap rupiah yang dibelanjakan dari uang negara harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonenesia. Kemenpora menghadirkan aplikasi “kawalpora” guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

“Aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat luas sehingga aliran anggaran yang dikeluarkan oleh Kemenpora bisa dipantau guna mencegah penyelewengan anggaran”, ungkap Dito Ariotedjo.

Kedepannya akan ada beberapa agenda besar yang akan diikuti oleh Indonesia, yaitu Asian Games, Asian Para Games serta FIFA U-17 World Cup 2023. Berbagai acara internasional tersebut dan dengan Internasional Trust yang dimiliki Indonesia saat ini, saya sebagai Menpora akan berjuang keras mewujudkan Indonesia untuk kembali ke peta percaturan dunia.

“Jika ditanya mimpi apa saya, saya akan tegas menjawab mimpi saya menyiapkan pemuda yang tangguh untuk Indonesia Maju”, ujar Dito Ariotedjo.

Adapun rangkaian acara pembukaan Rakornas tersebut dimulai dengan prosesi peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 dan pemberian penghargaan kepada lima provinsi dengan capaian Indeks yang tertinggi. Kelima provinsi tersebut, diantaranya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Papua, Lampung, Bangka Belitung dan Banten.

Selanjutnya, dalam upaya mempercepat penyusunan rencana aksi daerah maka Kementerian Pemuda dan Olahraga beserta 

Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesian (APEKSI) menandatangani Piagam Kesepakatan Bersama.

Biro Humas dan Protokol BNN RI

(elbagus) 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini