Panglong Putra Sembaba

Unsur Pesud Wingud 1 Puspenerbal Jalankan Misi Kemanusiaan Ditengah Tugas Operasi 

Senin, 9 Oktober 2023 05:22 WIB - Dilihat: 2

IMG-20231009-WA0289

Tanjung Pinang I elbagus.com

Unsur Pesud Wing Udara 1 Puspenerbal yaitu Pesud Casa NC 212-200 MPA di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I menjalankan misi kemanusiaan ditengah menjalankan tugas menjaga keamanan laut nusantara.

“Misi Kemanusiaan ini adalah, ketika Pesud Casa NC 212-200 MPA membantu evakuasi jenazah salah satu putra terbaik bangsa, Kopda Mar Leo Nopriansyah, Anggota Peleton 2 Kompi E Yonif 4 Marinir yang meninggal di daerah penugasan, sehingga harus di evakuasi menggunakan unsur Pesud menuju daerahnya untuk dimakamkan,” ungkap Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani saat ditemui di Mako Wing Udara 1 Tanjungpinang, Senin (9/10/2023).

Komandan Wing Udara 1 berpesan kepada seluruh crew Pesud Casa NC 212-200 MPA, agar melaksanakan penerbangan dengan hati-hati, yakinkan kesiapan Pesawat dan kondisi cuaca serta safety first serta tetap mohon pertolongan yang Maha Kuasa.

Disisi lain, Komandan Guspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Mohammad Taufik, M.M.D.S. menyampaikan kepada Pilot Pesud untuk mendukung misi kemanusiaan ini dari Ranai menuju Palembang.

“Laksanakan tugas dengan baik dan perhatikan keamanan personel dan material,” pesan dari Danguspurla. 

Pesud Casa NC 212-200 MPA dengan Pilot Kapten Laut (P) Musmuliadi dan Copilot Lettu Laut (P) Yanuar serta Lettu laut (P) Jonathan beserta crew menyiapkan Pesud untuk menjemput jenasah tersebut di Pulau Ranai.

Rute penerbangan sendiri yakni berangkat dari Tanjungpinang menuju Pulau Ranai, kemudian membawa jenazah almarhum ke Palemabang dan dilanjutkan menggunakan kendaraan darat yang akan di semayamkan di kampung halaman almarhum.

(ris/elb) 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini