Panglong Putra Sembaba

Jaga Stabilitas Kamtib, Lapas Tebing Tinggi Laksanakan Razia Isidentil

Rabu, 1 November 2023 11:43 WIB - Dilihat: 5

IMG_20231101_114657

Tebing Tinggi I elbagus.com

Jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan seksi keamanan dan ketertiban (kamtib) Kelas IIB Tebing Tinggi secara mendadak melaksanakan razia blok hunian warga binaan. 

Dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) Fransisco Pandia dan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm Kamtib) Febrianto Sirait, kegiatan penggeledahan atau razia kamar hunian dimulai pada pukul 20.00 wib malam tadi dengan sasaran razia kali ini adalah blok hunian perempuan. 

Sebelum melaksanakan penggeledahan kamar hunian, petugas melaksanakan penggeledahan badan kepada warga binaan secara bergilir. Dalam razia yang berjalan selama kurang lebih 1 jam tersebut petugas berhasil menyita beberapa barang ilegal yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban (Kamtib). 

Ka.KPLP Fransisco mengatakan “penggeledahan yang kita laksanakan hari ini kepada 47 orang warga binaan dan blok hunian perempuan secara koperatif dan humanis. Giat razia ini akan terus berlanjut secara rutin maupun isidentil pada blok hunian warga binaan guna meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban” jelasnya. 

Selain itu Kasi Adm Kamtib Febrianto mengatakan “barang-barang yang berhasil disita pada razia hari ini adalah 2 unit Handphone, 1 unit charger, sendok stainless. Namun selama razia petugas tidak menemukan narkoba atau jenis obat-obatan lainnya. Barang yang disita tersebut akan diproses dan ditindaklanjuti” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Anton Setiawan menjelaskan razia ini merupakan langkah progresif dan langkah serius pemberantasan narkoba dan halinar sebagai wujud komitmen petugas. Sejalan juga dengan instruksi Dirjen Pemasyarakatan dalam Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba, serta sinergi dengan Aparat Penegak Hukum ditambah Back to Basics.

Turut hadir, Kasubsi Keamanan Rudy Purba, Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Sardi P Hutabarat. 

(ris/elb) 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini