Panglong Putra Sembaba

Gandeng Yayasan Buddha Tzu Chi, Lapas Tebing Tinggi Gelar Bakti Sosial Kesehatan bagi WBP

Minggu, 10 Desember 2023 07:07 WIB - Dilihat: 31

Screenshot_20231210_190637

Tebing Tinggi I elbagus.com

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi dan Tzu Chi International Medical Association (TIMA) mengadakan Bakti Sosial Kesehatan bagi Warga Binaan di Lapas Tebing Tinggi, Minggu, 10/12/2023.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Kalapas Anton Setiawan yang mendukung adanya kegiatan seperti ini dan berharap terus berlanjut agar warga binaan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Terima kasih kepada yayasan Buddha Tzu Chi dan tim TIMA yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini, semoga warga binaan dapat memanfaatkan momen yang baik ini dengan ikut memeriksa kondisi kesehatannya dan saya himbau kepada warga binaan untuk rajin menjaga kesehatan dan kebersihan”. Jelas Kalapas Anton Setiawan.

Dalam kegiatan ini dibuka beberapa stand pelayanan kesehatan, dari pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kolesterol, gula, asam urat serta adanya 3 poli pengobatan yaitu, poli umum, poli penyakit dalam serta poli kulit dan kelamin.

Dengan menghadirkan 40 relawan dokter dan apoteker, kegiatan ini disambut baik oleh Lapas Tebing Tinggi, terlihat dengan 349 orang warga binaan yang antusias mengikuti kegiatan dan memeriksakan kesehatan diri mereka.

Diawali dengan pendaftaran, seluruh peserta akan ditimbang berat terlebih dahulu kemudian ke poli umum untuk pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, dan asam urat, selanjutnya warga binaan akan diarahkan ke poli penyakit yang diderita serta diberikan obat-obatan.

Dari pemeriksaan, banyak ditemukan warga binaan yang menderita scabies yaitu penyakit yang menyebabkan kegatalan pada kulit yang disebabkan tungau kecil yang sering ditemukan pada tempat-tempat yang ramai atau overcrowded seperti Lapas.

Turut hadir ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kota Medan Hasan Tina, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kota Tebing Tinggi, Wardi, Pejabat Struktural dan pegawai Lapas Tebing Tinggi. Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga selesai dalam keadaan aman dan kondusif.

(ris/elbagus) 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini