Panglong Putra Sembaba

Penerbang Wing Udara 2 Kenali Pesawat P-8 Poseidon US Navy

Sabtu, 16 Desember 2023 07:34 WIB - Dilihat: 68

IMG-20231216-WA0178

Puspenerbal I elbagus.com

Rangkaian kegiatan kehadiran P-8A Poseidon dari US Navy Skadron VF-5 Senin (11/12) lalu tidak hanya berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait Peperangan Laut saja, Pada Rabu (13/12) lalu, Komandan Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 Puspenerbal, Mayor Laut (P) Iwan dikenalkan lebih jauh soal Pesawat P-8A ini oleh perwira penerbang dari US Navy.

Para Perwira Penerbang dari Wing Udara 2 ini juga sempat menjajal masuk ke dalam kabin P-8A yang notabennya ruang terbatas bagi personel diluar para pengawaknya, hal ini tentu kesempatan luar biasa bagi penerbang Wing Udara 2, khususnya Skuadron Udara 800 yang menjadi ujung tombak bagi Patroli Maritim di Wilayah Indonesia.

Pesawat Boeing P-8A Poseidon (dahulu disebut sebagai Multimission Maritime Aircraft atau MMA) adalah pesawat militer saat ini sedang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (USN).

Pesawat yang dikembangkan oleh Boeing Defense, Space & Security, dimodifikasi dari 737-800. Pembuatan pesawat P-8 dimaksudkan untuk melakukan operasi anti-kapal selam (ASW) dan untuk terlibat dalam peran intelijen elektronik (ELINT). Kemampuan yang diketahui dari pesawat ini adalah kemampuannya membawa torpedo, rudal anti-kapal SLAM-ER, dan senjata lainnya sebagai penduking operasi peperangan laut.

(elbagus) 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini